Saturday, April 4, 2020

Kelebihan Dan Kekurangan Yi Lite Action Camera Murah

GoPro membuat sebuah kamera action Hero murah seharga 2,5jutaan. Baca Juga : GoPro Hero 7 - 2 juta rupiah murah. Dengan fitur video berkualitas tinggi, stabilisasi gambar, kinerja audio yang baik dan antarmuka layar sentuh yang mudah digunakan, Yi Lite 1,7 jutaan adalah alternatif yang lebih baik dan lebih murah. Meskipun Anda harus menggunakan casing kedap air secara terpisah, kamera aksi ini masih lebih murah.

Desain


Yi Lite adalah produk yang jauh lebih halus, didesain elegan, ramping dan bersih, dengan hanya satu tombol di bagian atas kamera, Port pengisian di bagian samping, tutup baterai dan dudukan tripod di bagian bawah, dan layar sentuh Gorilla Glass 2 inci di bagian belakang.


Menjadi lebih ramah dengan dompet daripada Yi 4K + Action Camera seharga 3,5 jutaan, Yi Lite masih menggunakan koneksi microUSB belum USB type-C seperti halnya kamera aksi masa kini, namun itu bukanlah masalah besar.


Mudah Digunakan

Karena memiliki interface bersih, mudah dibaca dan ditata secara intuitif, Yi Lite sangat nyaman digunakan.

Namun, beberapa item menu yang disingkat terkadang membuat bingung para pemula. Diantaranya adalah "EIS" mungkin kita tau bahwa EIS adalah suatu stabilisasi gambar elektronik, lalu bagaimana dengan "LDC" ? atau "AGC" ? mungkin kita harus mencari fungsi ini di internet maupun buku panduan. LDC pada Yi Lite adalah Lens Distortion Correction. Sedangakan AGC adalah pengaturan yang membantu untuk meningkatkan cahaya rendah video tetapi juga meningkatkan jumlah kebisingan visual dalam video.

Mudah-mudahan, semoga xiaoyi akan memperbaiki beberapa kekurangan ini melalui update firmware.

Meskipun layar sentuh 2 inci milik Yi Lite adalah 0,2 inci lebih kecil daripada yang ditawarkan oleh Yi 4K +, Yi Lite setidaknya sudah memiliki layar LCD view tidak seperti Yi Cam generasi pertama.

Yi Lite adalah kamera murah yang bagus dengan tampilan yang mirip dengan Yi 4K +


Yi Lite memiliki layar responsif dan tidak lag ketika kita mengubah pengaturan atau mode. Tampilan pengguna dan keseluruhan pada Yi Lite jauh lebih mudah dibandingkan model lain. Daripada anda harus menekan tombol beberapa kali untuk mendapatkan mode yang diinginkan, kita dapat lebih mudah mengoperasikanya dengan layar sentuh yang ada.

Anda juga dapat mengontrol Yi Lite menggunakan aplikasi (Android dan iOS). Seperti ketika saya mencoba menghubungkanya menggunakan iPhone 6s, koneksi dapat langsung terhubung, dan aplikasi tidak memiliki masalah.

Dukungan teknis Yi Lite merekomendasikan agar kita mengaktifkan mode pesawat sebelum menghubungkan dengan smartphone. Memang akan lebih lancar pada perangkat android yang biasanya gagal terhubung.

Aplikasi Yi Lite juga mencakup beberapa fitur yang tidak ada pada kamera itu sendiri, termasuk kemampuan untuk mengubah tampilan untuk beroperasi dalam mode lansekap horisontal. Ini adalah aplikasi yang dirancang dengan baik yang menambah nilai guna kamera ini.

Kualitas video



Yi Lite sudah mendukung video 4K meskipun hanya pada 20fps. Namun bagi saya cukup dengan resolusi 1080 30fps kita sudah mendapatkan hasil rekaman yang bagus. 

Resolusi Video FPS Resolusi Layar
4K 20 3840x2160
1440 30/60 1920x1440
1080 30/60 1920x1080
720 30/60/120 1280x720

Hal terbaiknya Yi Lite sudah mendukung EIS (Electronic Image Stabilization) pada resolusi 1440, 1080 dan 720. Pada sebuah uji coba hasil video Yi Lite dengan GoPro Hero (2018) menghasilkan gambar yang hampir sama baik kejernihan maupun kestabilanya.

Yi Lite juga memiliki fitur slow motion hingga 8x, fitur timelapse dan dapat mengambil foto ketika sedang merekam video.

Kualitas Foto

Resolusi foto Yi Lite adalah 16MP 4068x3456. Fitur foto Yi Lite adalah Timer, Brust dan foto timelapse. Untuk kualitas fotonya sudah tidak diragukan lagi tak kalah dengan hasil foto GoPro yang hanya memiliki 10MP.

Kesimpulan



Sebagai kualitas dan harga Yi Lite adalah pilihan terbaik jika dibandingkan dengan GoPro versi paling murah yaitu GoPro hero 7 white, selisih 500 ribuan. Meskipun demikian resolusi video yang ditawarkan Yi Lite lebih tinggi dan juga sudah mendukung fungsi NightShot. Yi Lite memiliki tampilan yang hampir mirip dengan Yi 4K+ yang harganya 2 kali lebih mahal. Namun apabila anda penggila GoPro mungkin lebih baik memilih Hero 7 White karena harganya terpaut sedikit.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon