Monday, January 20, 2020

Action Camera Kogan Murah Apakah Layak ?

Tags
Action Camera Kogan adalah salah satu action camera yang paling murah diantara jajaran action cam yang tersedia dipasaran. Saat ini fotografi adalah hal yang disukai para kaum milenial, apalagi bagi mereka yang suka traveling dan merekam aktivitas mereka. Sebuah kamera yang praktis dan simple untuk dibawa dan digunakan adalah hal yang paling dibutuhkan untuk aktivitas tersebut. Kamera kecil menggunakan lensa fish eye cembung yang bisa menangkap foto yang lebih luas. Sekarang ini sudah banyak Action kamera berbagai brand dari yang murah sampai yang paling mahal. Berikut ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang action camera murah.

Kogan merupakan kamera yang terkenal murah, memang banyak yang mengeluhkan hasil jepretan yang kurang memuaskan, video yang tidak stabil dan kamera yang mudah rusak. Namun apakah benar demikian ? Bagaimanapun juga dengan harga yang murah tersebut sebanding dengan kualitas foto yang didapatkan. Kogan juga memiliki beberapa seri tingkatan kamera, mungkin itu juga berpengaruh terhadap kualitas foto. Ditambah lagi banyak rumor tentang camera kogan palsu yang beredar.

Action Camera Kogan

Kogan 4k+ Ultra HD 


Action Camera Kogan 4k+ Ultra HD
Harga Rp. 380.000. Seri ini adalah seri tertinggi dari Action camera kogan dan satu-satunya yang menggunakan sony original cmos sensor sehingga lebih baik dari kamera kogan lainya. Layar 2 inch dibelakang juga menjadi yang spesial dari kamera very low budget ini. Spesifikasi :

  • DSP Allwinner V3
  • Sensor Image Sony IMX179A
  • Wifi support untuk IOS atau Android
  • Fish-eye lens View angle 170° 6G
  • LCD Display 2.0"
  • Resolusi Foto Max. 16MP
  • Resolusi Video Interpolate Max 4k@30fps
  • Format Video MP4 (H.264)
  • Memory External Micro SD sampai 64GB
  • Battery 900mAh
  • Koneksi USB 2.0 , HDMI
  • Indikator Led

Kogan 4k UltraHD 

Harga Rp. 300.000. Spesifikasi sama persis dengan Kogan 4k+ Ultra HD. Hanya berbeda sensor yag dimiliki sehingga kualitas video dan foto yang dihasilkan berada dibawah Kogan 4k+. Untuk fitur lainya sama.

Kogan 1080p WiFi 

Harga Rp. 250.000. Kamera ini memiliki resolusi video interpolated 1080p dan ukuran maksimal foto 12 Megapixel. Kenapa terdapat tulisan WiFi, ya karena seri terendah kogan tidak memiliki fitur WiFi. Kamera ini juga memiliki ukuran layar lebih kecil dari Kogan 4k yaitu 1,5 inch

Kogan 1080p Non WiFi 


Harga Rp. 165.000. Untuk fitur sama persis dengan Kogan 1080p WiFi, jadi bedanya kamera ini tidak memiliki fitur WiFi, sehingga kita hanya bisa mengandalkan LCD 1,5 inci dibelakang atau hanya mengandalkan perasaan saja untuk memotret atau mengambil video.

Kesimpulan Action Camera Kogan

Saya pibadi kurang merekomendasikan kamera ini. Diantaranya hasil video interpolasi jadi 1080p dan 4k video yang dihasilkan adalah hasil interpolasi, bukan murni hasil rekaman dari lensa. Oleh karena itu hasil video yang didapatkan cenderung pecah dan distorsi yang cukup hebat walaupun menggunakan resolusi 4k.

Apabila budget anda memang benar-benar terbatas saya sarankan untuk menabung lagi untuk membeli Action Camera Xiaomi Yi Second, mungkin harganya kisaran 400 rb tapi hasil foto dan video tidak kalah dengan gopro. Akan tetapi apabila anda tetap ingin memiliki kogan sebagai koleksi maka sah-sah saja untuk membelinya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon