Tuesday, July 2, 2019

Xiaomi Yi Camera bunyi Beep 3x dengan notif sd card not found

Xiaomi Yi Camera bunyi "Beep" 3x dengan notif "sd card not found". Xiaomi Yi adalah action camera low budget dengan kualitas tak kalah dengan Gopro. Produk action cam dari Xiaomi ini merupakan action cam pertama Xiaomi yaitu Xiaomi Yi versi China. Kemudian disusul dengan versi inter dengan bahasa inggris dan warna hitam khas nya. Namun secara fisik dan spesifikasi kamera ini sangatlah mirip dan kerusakan yang dialami juga rata-rata sama karena mengingat umur Xiaomi Yi ini yang sudah tua.

Masalah pada kartu Micro SD memang fatal karena apabila memory tidak dapat terbaca tentu saja kamera tidak dapat digunakan. Berbeda dengan kerusakan seperti lampu led yang mati namun masih bisa digunakan. Masalah pada micro sd juga dapat terjadi dalam banyak kemungkinan, bisa jadi micro sd yang rusak atau tidak support. Bisa juga dikarenakan slot micro sd pada motherboard yang bermasalah.

Xiaomi Yi Camera bunyi Beep 3x "sd card not found"


Notif Beep 3x menunjukkan error pada kamera, diikuti notif "sd card not found" artinya kartu memory anda tidak terdeteksi.

Xiaomi Yi Camera bunyi Beep 3x "sd card not found"


  1. Kemungkinan pertama kartu sd tidak support. Apabila anda memiliki kartu sd baru, dan baru memasangnya kemudian masalah ini muncul kemungkinan kartu memory anda tidak support. Coba dengan ganti sd card lain. Usahakan menggunakan micro SD minimal class 10 agar action camera anda tidak lemot.
  2. Kemungkinan kedua kartu sd rusak. Apabila anda sudah lama tidak menggunakan kamera dan begitu dinyalakan muncul masalah demikian. Pastikan kartu memory anda tidak bermasalah. Coba ganti dengan sd card lain.
  3. Coba format sd card anda dengan komputer menggunakan card reader. Gunakan format fat 32. Kemudian coba pasang lagi ke kamera.
  4. Lakukan hard reset Xiaomi Yi anda
  5. Kemungkinan terakhir adalah komponan board interface yang rusak. Solusi satu-satunya adalah servis. Untuk biaya servis rata-rata Rp. 200.000,-
Komponen board interface bisa rusak karena korosi, biasanya terjadi ketika Yi Cam anda jatuh kedalam air atau karena embun dan lama tidak digunakan. Oleh karena itu biasanya masalah ini terjadi pada action kamera yang sudah lama nganggur. Jadi usahakan anda rutin mengecek dan membersihkan kamera dan pastikan anda meletakkan kamera pada tempat aman dan tidak lembab atau anda bisa gunakan silica gel untuk menyerap embun untuk menjaga kamera tetap kering.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon