Saturday, January 14, 2023

iPhone Smartfren Only Bisa Diperbaiki !

Tags

 iPhone Smartfren Only Bisa Diperbaiki. Kenapa iPhone saya cuma bisa pakai Smartfren ? Apakah iPhone Smartfren Only bisa jadi All Operator ? Bagaimana Cara Unlock IMEI ?

Pada post kali ini beberapa pertanyaan diatas akan saya jawab. Setelah pemberlakuan peraturan IMEI tahun 2020 lalu semua Handphone (tidak hanya iPhone) yang masuk Indonesia secara tidak resmi atau bisa dikatakan ilegal tidak dapat menggunakan layanan jaringan di Indonesia. Hal ini adalah upaya pemerintah untuk menanggulangi maraknya penjualan barang black market di Indonesia. Bea Cukai, Kemenperin, Kominfo dan operator seluler di Indonesia bekerja sama dalam hal ini.

Untuk saat ini hanya Operator Smartfren yang dapat digunakan pada iPhone ex International yang sudah terblokir iMeinya. Saat ini hanya Smartfren yang hanya memiliki E-SIM yang merupakan layanan digital non fisik yang diaktivasi melalui barcode yang bisa digunakan pada iPhone X keatas. Mungkin karena itu Smartfren masih bisa digunakan pada iPhone yang kena blokir IMEI.

Tidak semua iPhone ex Inter yang hanya bisa menggunakan Operator Smartfren, iPhone International yang masuk ke Indonesia sebelum peraturan IMEI berlaku, saat ini masih ada yang masih bisa menggunakan semua operator asalkan tidak melakukan update IOS.

iPhone Smartfren Only Bisa Diperbaiki !


Apakah iPhone Smartfren Only Bisa Diperbaiki ?

Tentu saja bisa. Saat ini juga sudah banyak seller yang menjual iPhone ex Inter yang sudah didaftarkan ke Kemenperin. Untuk mengecek apakah IMEI anda sudah terdaftar ataukah belum anda bisa cek di webiste https://imei.kemenperin.go.id 

Apabila anda punya iPhone Smartfren Only juga bisa didaftarkan lewat BEA CUKAI untuk biayanya sekitar 1,5 juta sampai 2 juta rupiah. Atau kalau tidak mau ribet belilah iPhone yang sudah terdaftar di website Kementrian Perindustrian diatas.

Meskipun saat ini iPhone anda IMEI nya terblokir, tidak menutup kemungkinan suatu saat operator lain bisa digunakan lagi karena kebijakan dan peraturan pemerintah bisa jadi berubah, atau bisa jadi anda mendapatkan BUG yang menyebabkan iPhone tidak terdaftar bisa All Operator juga.

Dari segi harga iPhone Smartfren Only jelas lebih murah dibandingkan yang lain dengan kualitas yang sama, hanya tidak bisa menggunakan provider lain saja. Jika anda menggunakan iPhone hanya untuk sosmed dan bermain game, saya rasa iPhone Smartfren Only tidak menjadi masalah.

Alternatif lain anda bisa melakukan downgrade ke IOS 15.6. Cara ini bisa dicoba apabila posisi iPhone anda terblokir di iOS 16. Jadi anda bisa melakukan Downgrade dari iOS 16 ke iOS 15.6. dan ini masih bisa dilakukan. Meskipun tidak menjamin sinyal akan kembali normal namun saya sendiri sudah mengalami di iPhone XS dan sinyal kembali seperti semula meskipun IMEI tidak terdaftar didatabase Kemenperin.

Artikel Terkait

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon