Saturday, February 20, 2021

Cara membuat Action Cam sebagai Webcam untuk Zoom Meeting

Cara membuat GoPro, Xiaomi Yi atau SJCam sebagai Webcam untuk Zoom Meeting. Sekarang ini pengguna zoom meeting meningkat begitu pesat. Hampir semua bidang pekerjaan maupun pendidikan di Dunia ini menggunakan Zoom untuk melakukan aktivitas dikala pandemi. Namun beberapa orang pasti menemui kendala dengan sarana prasarana yang digunakan misalnya resolusi kamera laptop yang jelek. Nah kali ini saya akan menunjukkan bagaimana menjadikan camera action sebagai webcam yang bisa digunakan untuk Zoom Meeting.


Apabila anda memiliki action camera seperti GoPro, Xiaomi Yi atau SJCam, mungkin anda bisa menggunakanya sebagai webcam. Keuntunganya tentu saja resolusi dan kualitas yang pastinya lebih baik dengan kamera webcam bawaan laptop. Tidak semua action cam bisa digunakan untuk webcam. Berikut daftar action camera yang support untuk menjadikanya sebagai webcam :


  • GoPro Hero 5, 6, 7, 8, 9
  • GoPro Max
  • GoPro Hero 5 Session
  • GoPro Fusion
  • Xiaomi Yi, Yi 4K, Yi 4K+
  • DJI Osmo Action
  • SJCam 4000 WiFi, 4000+, 5000, SJ6, SJ7, SJ8 Plus, SJ8 Pro
  • Akaso Brave 7 LE


Cara membuat Action Cam sebagai Webcam untuk Zoom Meeting


1. Download dan instal aplikasi webcam disini

2. Pilih kamera yang anda gunakan (disini saya menggunakan YI 4K+) -> pilih Start Server -> pilih Xiaomi Yi QR

3. Setelah muncul QR Kode klik pada Generate QR Kode

4. Cari menu live streaming dikamera kemudian scan QR Kode yang muncul di aplikasi tadi. Biasanya membutuhkan waktu sekitar 30 detik.


5. Buka Zoom Meeting maka otomatis kamera default yang digunakan adalah kamera action anda.



Cara membuat Action Cam sebagai Webcam untuk Zoom Meeting sangat mudah bukan ? Tidak hanya untuk Zoom, aplikasi ini bisa digunakan untuk Skype dan lain-lain. Webcam ini tidak support untuk menggunakan audio action cam, anda tetap menggunakan mic laptop atau mic external, action cam hanya berfungsi sebagai webcam yang hanya menangkap gambar.

Resolusi gambar yang dihasilkan berbeda-beda mengikuti resolusi action cam yang digunakan. Webcam ini juga memiliki delay sekitar 0,2 - 0,5 detik.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon