Saturday, March 28, 2020

Pilih Mana ? Perbandingan DJI Mavic Mini VS DJI Spark

Tags
DJI secara resmi meluncurkan DJI Mavic Mini pada 11 November 20219. Secara tampilan terlihat jauh lebih baik daripada DJI Spark, Mavic mini mirip dengan Mavic air tetapi hadir hanya setengah berat body dan jauh lebih simple.

Rilis terbaru ini dari Dji diharapkan untuk menggantikan Dji Spark dan akan menjadi pilihan drone terjangkau untuk penggemar hobi aerial photography. Pada harga sekitar 5 jutaan, Mavic mini memiliki keseimbangan yang sempurna dan fitur yang Anda harapkan dari drone berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau.

Pilih Mana ? Berikut ini Perbandingan DJI Mavic Mini VS DJI Spark

Berat DJI Mavic Mini lebih ringan


Perbandingan DJI Mavic Mini VS DJI Spark
Bobot Mavic mini adalah 249g, 51g lebih ringan daripada DJI Spark. Namun, hal ini membuat sebuah perbedaan besar bagi pengguna di Inggris karena, sejak 5 November, Semua drone lebih dari 250g akan perlu didaftarkan dengan CAA; bahkan jika Anda hanya seorang turis mengunjungi Inggris. Bobot ini juga jatuh di bawah ambang batas untuk peraturan FAA di Amerika Serikat juga. DJI mungkin memperhitungkan aspek ini ketika membuat Mavic mini. 

Ketinggian Spark lebih tinggi


Ketinggian maksimal Mavic Mini adalah 3000m di atas permukaan laut, 1000 m lebih rendah dari Spark. Namun 3000m saya rasa sudah sangat ideal apabila anda menerbangkan di daerah perkotaan di Indonesia.

Jarak DJI Mavic Mini lebih jauh


Meskipun kami tidak pernah merekomendasikan drone terbang lebih dari batas pandang Anda, DJI Spark memiliki jarak kendali 2 km tetapi Mavic Mini memiliki jarak maksimal 4 km yang mengesankan, sama dengan Mavic air.

Waktu terbang Mavic mini lebih lama


Waktu penerbangan adalah hal yang sangat penting ketika Anda sedang mencari drone untuk dibeli dan DJI telah berhasil sedikit meningkatkan waktu penerbangan di Mavic Mini dibandingkan dengan Spark.
Perbandingan DJI Mavic Mini VS DJI Spark

Mavic Mini memiliki waktu terbang maksimum 30 menit, disisi lain Spark hanya memiliki waktu terbang maks 16 menit. Ini adalah perbaikan yang cukup signifikan mengingat Spark dan Mavic mini memiliki harga yang sama persis.

Kecepatan maksimum Mavic Mini VS Spark


Mavic Mini dapat mencapai kecepatan 47 km/jam ketika mode sport diaktifkan yang hampir sama dengan Spark. Mereka juga memiliki kecepatan yang sama persis keturunan 3 m/s dalam mode sport tetapi aksen Mavic Mini lebih cepat daripada DJI Spark; 4 m/s dibandingkan dengan Spark 3 m/s.

Gimbal Mavic Mini lebih baik


Gimbal pada Mavic Mini adalah upgrade dari pendahulunya dan merupakan gimbal 3-axis mechanical, dengan Pan, roll, dan kemampuan manuver pitch. Sebaliknya, Spark hanya memiliki 2-axis mechanical dan tidak dapat menggeser.
Memiliki sumbu tambahan juga akan membuat perbedaan yang jauh lebih nyata ketika digunakan untuk rekaman Anda. Rekaman yang diambil oleh Mavic Mini lebih setara dengan Mavic air daripada Spark.

Kamera Mavic Mini VS Spark


Mavic Mini dilengkapi dengan sensor kamera yang sama yang digunakan untuk DJI Spark dan Mavic air. Yaitu 1/2,3 "sensor CMOS dan mampu menangkap gambar 12MP dengan aperture memanjang ke f 2.6.
Beberapa orang mengkritik bahwa kamera ini hanya 12MP, tapi itu sama dengan kualitas gambar pada GoPro dan sebenarnya mengesankan mengingat bahwa drone ini benar-benar cocok di telapak tangan Anda.
Pilih Mana ? Perbandingan DJI Mavic Mini VS DJI Spark

Salah satu kekurangan Mavic mini adalah rentang ISO pada still-shot lebih kecil daripada pada Spark. DJI Spark mampu menangkap gambar dalam cahaya rendah kisaran ISO yang meluas dari 100 hingga ke 3.200. Namun, ISO Mavic Mini hanya naik ke 1.600 untuk foto. Untuk semua rekaman video, baik Spark dan Mavic Mini memiliki ISO maksimum 3.200.
Saya mengerti, mengapa DJI memilih untuk membatasi ISO. Mereka ingin menghadirkan kualitas gambar terbaik yang mereka bisa, dan masalahnya adalah ketika Anda mulai menaikkan ISO ke ribuan itu dapat mempengaruhi ' noise' pada gambar.

Kemampuan video Mavic mini lebih baik


Mavic Mini sangat unggul dari pada Spark dalam hal kemampuan shooting video. Mavic mini dapat merekam 2.7k pada 30fps serta Full HD 1080p pada 60fps. Sedangkan DJI Spark hanya  memiliki resolusi video pada 1080p pada 30fps.
Kualitas video lebih baik daripada Spark juga berkat bitrate yang jauh lebih tinggi; 40 Mbps dibandingkan dengan 24 Mbps.

Tabel perbandingan DJI Mavic Mini VS DJI Spark


Berikut adalah panduan tabel referensi perbandingan spesifikasi Mavic Mini vs Spark:


Drone DJI Mavic Mini DJI Spark
Weight 249g 300g
Maximum Altitude 3,000m 4,000m
Range 4km 2km
Flight Time 30 minutes 16 minutes
Max Speed Flying 47 km/h Ascent 4 m/s Descent 3/ms Flying 50 km/h Ascent 3 m/s Descent 2/ms
Gimbal 3-axis mechanical 2-axis mechanical
Camera Sensor 1/2.3” CMOS 1/2.3” CMOS
ISO Video 100-3200 Photo 100-1600 Video 100-3200 Photo 100-1600
Video Capabilities 2.7K 30fps 1080p 60fps Bitrate 40Mbps 1080p 30fps Bitrate 24Mbps

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon