Wednesday, November 30, 2016

Sekilas DJI Phantom 3 Standard

Tags
KELEBIHAN // Sangat stabil di udara. Mudah untuk terbang. Menangkap 2.7K video dengan halus. 20mm wide-angle lensa. RAW dan JPG. Harga relatif terjangkau. Built-in GPS. Fungsi Return-to-home. Otomatis takeoff dan landing.

KEKURANGAN // Baling-baling kadang menggangu rekaman. Baterai memerlukan lebih dari satu jam untuk mengisi ulang hingga penuh. Memerlukan perangkat Android atau iOS untuk mengoperasikanya.

GARIS BAWAH // DJI Phantom 3 standar memberikan keamanan, kehandalan, dan kualitas video yang Anda harapkan dari Phantom dengan harga yang menarik untuk entry-level pilot.

Sebelumnya saya sudah memaparkan beberapa perbedaan antara DJI Phantom 3 Stadard, Advanced, Professional dan 4K. DJI dikenal sebagai pelopor drone untuk fotografi yang sudah terkenal, seperti Phantom 3 profesional dengan harga 12 juta rupiah dan Advanced Phantom 3 9 jutaan di Indonesia, Dengan perbedaan harga masing-masing Phantom 3 tentu memiliki kekurangan dan kelebihan dari segi fiturnya. Phantom 3 standar (6,2 jutaan) adalah model drone untuk pemula dari Phantom 3 tipe yang paling dasar, pilihan lainya Phantom 4 diatas Phantom 3 seharga 14 jutaan yang memiliki berbagai operasi, sistem penghindaran tabrakan atau rekaman 4K yang ditawarkan oleh Phantom 4 yang tidak kita temui di phantom 3, tetapi Phantom 3 sudah memiliki fitur keselamatan, otomatis mode penerbangan, dan hasil video yang memuaskan,rekaman pada resolusi 2.7K yang renyah. DJI Phantom 3 adalah drone terbaik Anda bisa dapatkan 6,2 juta atau kurang, dan editor yang cukup lengkap untuk calon pilot yang memiliki budget sedang.

Desain
Phantom 3 standar menggunakan desain penerbangan yang sama dengan phantom 3 lainya dan baterai sama dengan Phantom 3 lainya. Dengan beberapa perbedaan penting. Quadcopter ini menghilangkan visi Positioning system yang ditemukan dalam model diatasnya, sehingga Anda harus berhati-hati ketika terbang dekat dengan tanah. Kamera nya juga sedikit berbeda — lensa yang sama 20mm (setara dengan full-frame) wide-angle, tapi slot kartu memori microSD telah dipindahkan ke unit kamera itu sendiri, bukan di dasar mount gimbal sepert model Phantom sebelumnya.

Phantom 3 membuat desain yang sama pada ke-4 merek dagang nya yang berwarna putih yang membuat seri Phantom ini mudah dikenali teknologi dalam budaya populer. Sticker merah adalah ciri dari drone Phantom 3 ini — logo DJI ada di atas pusat chassis, dan dua strip merah terpasang di masing-masing pylons depan.

Phantom beratnya sekitar 2.7 pon dan diameter 23 inci dari ujung sayap ke ujung sayap lainya. Arahan struts duduk di bawah bodynya, dengan gimbal dan kamera dipasang pada undercarriage. Desain yang ringan dan kompak adalah kelebihan untuk videographers udara menerbangkan Phantom ke lokasi yang berbeda. Phantom juga memiliki aksesoris berupa tas untuk menempatkan drone dengan harga 700 ribuan dan anda dapat dengan mudah membawa drone dan perlengkapanya kelokasi penerbangan dan anda dapat menempatkanya dalam bagasi mobil atau menggendongnya dengan motor.



Seperti model Phantom lainnya, kamera video dari udara yang dihasilkan cukup stabil. dan selalu menghadap ke depan, dengan sedikit rotasi kiri dan kanan. Jika Anda tertarik pada sesuatu dengan kamera yang dapat dengan bebas berputar 360 derajat, Anda dapat beralih ke DJI Inspire 1 harganya 20 jutaan (wow dapet satria fu), yang merupakan model Pro kelas. Inspire menggunakan serat karbon konstruksi untuk bodynya, sementara seri Phantom kebanyakan plastik.

Remote control mengingatkan saya pada versi sebelumnya Phantom 2 visi +. Memang efisien, sehingga tidak perlu untuk ekstensi Wi-Fi modul terpisah, dan baterai AA digantikan oleh baterai isi ulang internal. Port USB mikro berada di bagian bawah untuk mengisi ulang. Empat lampu LED menunjukkan tingkat biaya, dan saklar listrik tunggal berada dekat lampu. Sebuah penjepit berada di sebuah logam pada remote untuk menjepit smartphone-cukup besar untuk menahan iPhone 6 Plus, tapi tidak bisa menangani sebuah tablet seperti remote untuk Phantom 3 model diatasnya. Penjepit ini juga tidak stabil karena saat smartphone saya terasa bergetar akan bergeser sedikit posisinya, sedangkan untuk model Phantom 3 Profesional dan Advanced penjepitnya lebih stabil dan rapat, bisa juga menggunakannya untuk menahan sebuah tablet.

Sebelum Penerbangan
Jika Anda belum pernah menerbangkan sebelumnya, Anda harus mengambil beberapa tindakan pencegahan sebelum penerbangan pertama Anda. Anda harus men-download App DJI Go — sebelumnya bernama DJI Pilot — termasuk modus simulator penerbangan. Tersedia untuk Android dan iOS perangkat. Anda perlu aplikasi ini untuk mengendalikan Phantom anda, disini anda juga dapat mencoba penerbangan virtual sebelum anda mencoba menerbangkan drone yang sesungguhnya untuk melatih fungsi tombol dan fitur yang disediakan.

App DJI Go — sebelumnya bernama DJI Pilot

Setelah melakukan penerbangan virtual, Anda harus memastikan semuanya bekerja dengan lancar. Isi baterai hingga penuh — dibutuhkan sekitar satu setengah jam untuk mengisi baterai dari kosong ke full — dan pastikan rotor yang terpasang aman dan tidak menunjukkan adanya tanda-tanda kerusakan. Lebih baik lagi menghubungkannya ke app sebelum pergi ke lokasi penerbangan untuk melihat apakah firmware update tersedia. Hal ini dimungkinkan untuk men-download firmware update melalui data selular dan menerapkan pembaruan. Dari pengalaman proses update membutuhkan waktu 20 menit dan menghabiskan daya baterai sekitar 10 persen.

Remote control terhubung dengan jaringan Wi-Fi. SSID dan sandi sudah tercetak di stiker di bagian belakang, dan Anda akan perlu untuk menghubungkan smartphone Anda ke jaringan itu untuk terhubung dengan aplikasi DJI GO. Ini adalah langkah tambahan yang tidak diperlukan untuk Phantom 3 Advanced dan profesional, keduanya menggunakan koneksi USB yang bekerja dengan smartphone Anda. Anda perlu mengkalibrasi Kompas Phantom sebelum sebelum penerbangan pertama Anda. Anda perlu memutar pesawat sepanjang dua sumbu terpisah untuk melakukannya, itu adalah proses yang cepat dan mudah anda pasti ingin memastikan bahwa kunci GPS telah diakuisisi sebelum lepas landas. Jika ada masalah dengan Kompas atau GPS, saat stabilitas helikopter terganggu dan dapat bergerak tak menentu. Remote kadang-kadang membutuhkan kalibrasi juga, yang mengharuskan Anda untuk miring sepanjang poros bergerak bola virtual lingkaran pada layar smartphone Anda.

Dalam penerbangan
Mendukung lepas landas otomatis — anda dapat menekan ikon panah up di sebelah kiri layar app DJI Go dan seketika akan mengangkat drone keudara. Dari sana Anda menggunakan stick ganda pada remote untuk mengontrol pergerakannya. Mendorong tongkat kiri maju meningkatkan ketinggian dan menariknya ke arah Anda menurunkan itu. Pindah tongkat ke kiri atau kanan berputar Phantom sepanjang poros tengah. Benar tongkat bergerak drone maju, mundur, kiri dan kanan melalui udara.

Sistem kontrol intuitif, dan salah satu yang cukup mudah untuk dikuasai. Hal ini cukup mudah untuk terbang ke depan sambil naik atau turun, atau memutar drone perlahan sepanjang sumbu untuk menangkap pemandangan lanskap sekitarnya.

Roda kontrol berada di bagian atas kiri remote dan kontrol kemiringan kamera. Ada juga dua saklar toggle — S1 dan S2 — terletak di sudut atas dua. Mendorong tombol S2 naik beberapa kali akan memulai kembali-ke-rumah, dan melakukan hal yang sama dengan S1 akan membatalkan permintaan. Anda juga dapat menggunakan app DJI Go untuk melakukan hal ini-hanya ketuk ikon H. Phantom akan terbang rumah secara otomatis jika komunikasi hilang.


Phantom 3 standar mendukung semua DJI's intelligent flight mode. Ini termasuk fitur Follow Me, di mana Phantom melacak gerakan remote control; Point of Interest, di mana Anda dapat mengelilingi titik di udara, menjaga kamera tetap terbang sempurna atasnya. dan Waypoint flight, yang memungkinkan Anda untuk secara otomatis terbang di sepanjang rute yang sama lagi dan lagi-satu-satunya menangkap adalah bahwa Anda akan perlu untuk terbang secara manual pertama. Ada juga fungsi Course Lock and Home Lock, yang mengubah cara stick kontrol beroperasi. Jika Anda melakukan kursus kunci, arah asli hidung pesawat akan menetapkan maju, bahkan jika Anda berputar Phantom di sekitar selama penerbangan. Kunci rumah menyesuaikan kontrol sehingga mereka relatif terhadap posisi Anda — mendorong tongkat tepat maju bergerak drone dari Anda dan menarik kembali bergerak ke arah Anda, terlepas dari arah hidung menunjuk.

Salah satu aspek yang rapi dari DJI Go app adalah fungsi log penerbangan. Secara otomatis melacak penerbangan dan log data telemetri, termasuk ketinggian maksimum, jarak yang ditempuh dan lokasi lepas landas. Ini adalah cara yang berguna untuk menjaga melacak yang berapa banyak waktu yang Anda telah menghabiskan di udara, dan jalan Anda terbang selama penerbangan. Untuk mendapatkan informasi yang sama dengan model Phantom 2 Anda diminta untuk membeli dan menginstal modul add-on seperti Flytrex Live 3G.

DJI Phantom rata-rata terbang selama 25 menit penerbangan per charge, Pada percobaan pertama saya drone terbang selama 21 menit untuk video dengan daya 90 persen dan landing dengan sisa daya 10 persen. Jadi anda perlu menandai ketika sudah terbang selama 22-23 menit untuk mengisi ulang baterai. Hal yang berpengaruh terhadap waktu terbang adalah seberapa cepat anda terbangm seberapa tinggi anda terbang dan kondisi angin.

Return-to-home dimulai secara otomatis ketika daya baterai rendah; betapa rendah baterai akan sebelum drone membuat berkemas rumah tergantung pada jarak dan ketinggian relatif terhadap posisinya lepas landas. Ketika Anda turun ke 10 persen akan mulai melakukan pendaratan otomatis, jadi tidak perlu khawatir dengan indikator baterai.

Video dan kualitas gambar
Semua empat versi 3 Phantom menggunakan kamera serupa, tetapi menawarkan resolusi video maksimal yang berbeda, frame rates, dan bit rates. Rekaman standar pada resolusi 2.7K (1520p) pada 30fps atau 24fps dengan 40Mbps bit rate. Puncak standar keluar di 48fps saat pengambilan gambar 1080 p, tetapi bisa menembak 50fps atau 720p 60fps. Semua lower frame rates — 24fps, 25fps, and 30fps — yang didukung untuk resolusi.

Lensa didesain cukup lebar, meliputi 94-derajat bidang pandang-kira-kira sama dengan 20mm lensa pada kamera full-frame. Aperture yang ditetapkan pada f/2.8 dan fokus juga tetap sehingga apa pun di luar beberapa inci jauhnya tetap renyah. Gratis fish eye distorsi yang drone beberapa menunjukkan, tapi itu peregangan objek di tepi frame sedikit, yang dapat menjadi jelas ketika menangkap tembakan dengan Phantom berputar pada sumbu. Baling-baling terlihat di bagian atas bingkai ketika bergerak maju pada kecepatan penuh, tetapi mengurangi kembali pada throttle hanya sedikit membuat mereka keluar dari pandangan.

Satu hal yang saya suka pada Phantom 3 profesional adalah kemampuan untuk dial di kompensasi eksposur melalui roda kontrol pada remote. Giliran cepat dapat mencerahkan atau menggelapkan adegan pada lalat, yang adalah anugerah untuk merekam video di sekitar matahari terbit dan matahari terbenam. Anda dapat menyesuaikan EV dengan standar, tetapi tidak ada roda pada remote untuk melakukannya. Sebaliknya Anda akan perlu untuk menyesuaikan melalui app. Sayangnya kontrol yang memungkinkan Anda untuk melakukan hal ini, serangkaian slider yang ditandai dengan P di sudut kanan bawah, perlu diaktifkan sebelum Anda mulai merekam. Hal ini tidak masalah besar jika Anda tahu bahwa Anda akan ingin menyesuaikan eksposur sebelum Anda mulai merekam penerbangan Anda, tetapi jika Anda bekerja dalam mode eksposur otomatis dan ingin untuk dial penyesuaian yang Anda perlukan untuk menghentikan klip, memulai panel kontrol, dan memulai rekaman lagi. Kelemahan utama hanya meninggalkan semua ini aktif adalah bahwa app tidak menampilkan data penerbangan-jika Anda sedang mengerahkan manual kontrol atas video, Anda tidak akan memiliki real-time status pada ketinggian, jarak, atau kecepatan.   

Kontrol penuh manual ini juga sebuah opsi dari menu ini. Anda dapat menyesuaikan kecepatan ISO dan rana untuk mendapatkan eksposur yang Anda inginkan. Plus lain dalam hal video melalui Phantom 2 model adalah kemampuan untuk mengubah output warna. Profil warna, Log, juga tersedia jika Anda ingin memiliki ruang paling untuk warna kelas rekaman, dan ada suasana yang Normal untuk videographers yang tidak ingin melakukan banyak fine-tuning. Ada juga sejumlah Instagram-seperti filter: Vivid, B&W, Art, Film, Beach, Dream, Classic, and Nostalgia.

Vivid, B&W, Art, Film, Beach, Dream, Classic, and Nostalgia

Kesimpulan
Anda tidak akan menemukan sebuah drone yang lebih baik untuk harga 6 jutaan selain Phantom 3 standar. Ini memberikan stabilitas, kehandalan, dan fitur keselamatan yang Anda harapkan dari phantom, dan semua modus otomatis penerbangan yang sama seperti phantom 3 yang lebih mahal lain. Pasti ada beberapa kekurangan mengingat harga yang paling murah dari versi phantom 3 lainya. Tidak mendukung 4K-Phantom 3 4K adalah model paling mahal dengan pilihan rekaman tersebut — dan tidak memiliki sistem transmisi visi Positioning System dan Lightbridge untuk operasi jarak jauh yang Anda dapatkan dengan Phantom 3 Advanced atau Phantom 3 profesional. Jika Anda memiliki anggaran, Anda harus mencoba Phantom 3 profesional atau Phantom 4, tapi jika ingin harga murah tentu pahntom 3 sudah cukup, yakinlah bahwa Phantom 3 standar adalah sebuah pesawat yang sangat padat, dan tentu saja yang terbaik untuk dengan harga 6 jutaan, sehingga mendapatkan aerial videography dengan budget standar.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon