Thursday, October 27, 2016

Rekomendasi Drone Untuk Angkat Action Camera Xiaomi Yi

Tags
Drone adalah pesawat tanpa awak yang dapat dikendalikan jarak jauh. Seperti RC Helikopter, Drone juga menggunakan baling-baling untuk dapat terbang namun bedanya kalau drone biasanya menggunakan 4 baling-baling lebih untuk terbang. Jaman dulu drone digunakan dibidang militer, untuk mengintai daerah musuh dan area perang, namun sekarang drone digunakan untuk segala bidang termasuk fotografi, dokumentasi dan membuat pemetaan wilayah. Dari militer hingga perusahaan Drone ternama meritis drone murah yang bertujuan untuk mengembangkan Aerial Videography/Photography, hingga saat ini banyak tayang digunakan drone untuk membuat foto maupun video atau bahasa inggrisnya UAV ( Unmanned Aerial Vehicle ). Namun saat itu harganya masih Rp. 7.000.000,- keatas. belum cukup murah bagi menengah kebawah untuk bisa memiliki drone ini.

Drone Kuat Angkat Kamera Yi

Keberadaan Drone tidak hanya memberikan manfaat pada para pekerja professional, namun juga para Vlogger dan acara TV biasanya berbasis Travel seperti MTMA dimana kita sering melihat rekaman drone. Saat ini drone banyak digunakan untuk mengambil footage dari sudut pandang  yang luar biasa. Dan tentu, setelah perkembangan teknologi hingga muncul drone berharga lebih murah saat ini akun Instagram, facebook, twitter pun penuh dengan jepretan drone. 

Bandinginnya dengan jaman sebelum Drone/UAV ada di pasaran, orang mau memotret dari ketinggian harus sewa helikopter, atau yang mau bikin iklan/video profile Perusahaan / Hotel / Apartemen harus sewa helikopter.

Sekarang ini, kalau anda pengen punya Drone namun tidak punya cukup budget tidak perlu khawatir, anda bisa beli yang murah bisa untuk latihan mini drone dibandrol mulai Rp. 300.000,- namun tentu punya banyak kekurangan. Nah yang direkomendasikan disini adalah drone yang kuat angkat kamera xiaomi yi, karena seperti yang kita ketahui hasil kamera xiaomi yi tak kalah dengan gopro sehingga tak perlu diragukan lagi. Drone dengan harga mulai Rp. 1000.000,- keatas sudah bisa angkat kamera. Biasanya drone dengan harga sekian resolusi kameranya tidak terlalu besar sehingga gambar yang dihasilkan tidak maksimal. Oleh karena itu kita dapat memadukan dengan action camera xiaomi yi agar dapat mendapatkan hasil yang maksimal.

Adakah drone yang bisa menerbangkan action camera Xiaomi Yi dengan harga murah?
Tentu Ada. Sekarang ini apa sih yang gak ada.
Secara singkat drone murah ini tidak mempunyai fitur-fitur seperti GPS yang memudahkan drone agan untuk tahu lokasinya sendiri dan bisa pulang dengan otomatis. Drone dengan harga murah ini juga mempunyai daya baterai yang lebih sedikit sehingga jam terbangnya berkisar 5-10 menit, dan lebih berat untuk mengangkat Yi ( tapi bisa ).

Ada beberapa jenis drone bedasarkan harga, ukuran dan kegunaanya.

Drone Murah -Recommended-

Sesuai dengan namanya "mainan" pastinya harganya murah, cocok untuk latihan, namun jangan berfikir menerbangkan drone mainan ini mudah, karena jauh lebih susah daripada tingkatan diatasnyan karena minim sensor sehingga kita benar-benar manual menerbangkan drone ini.
Contoh : - Syma X8/X8H Series - Tarantula X8 - MJX 101/102h.
+ Harga murah, paling mahal 1.5jt an
+ Part nya pun pada murah semua. cocok untuk percobaan dan oprek-oprek
+ Lumayan tahan banting, cocok untuk belajar.
Saya sendiri merekomendasikan tipe Syma X8H, karena fisiknya mirip DJI, tahan banting, harga terjangkau dan cocok untuk latihan.
+ Bisa angkat Xiaomi Yi. Walaupun terasa berat namun Bisa. 
- Kebanyakan baterai hanya tahan 8 menit, dan di cas 2 jam lebih.
- Belum ada plug khusus untuk Gimbal (Gimbal adalah alat stabilizer kamera, pada drone tingkat mid keatas, Arah gimbal bisa digerakkan via remote) Namun ada juga yang bisa dipasang Gimbal (gimbal dijual terpisah)
- Tidak ada GPS.

Drone Sedang

Drone ini mulai bisa menunjukkan keseriusan anda dalam dunia Aerial Video. fitur-fitur seperti GPS , brushless motor, dan plug untuk Gimbal juga sudah disediakan bersama paket drone. Kebanyakan drone pada tingkat ini memang sudah punya GPS, GPS berfungsi untuk mencatat home location anda, jadi nanti drone bisa pulang sendiri menuju remote control. Brushless Motor pun ada, dan tarikannya lebih kuat,
Contoh : Cheerson CX-20 , X380 .
+ Harga 3.5jt keatas
+ Ada GPS
+ Baterai lebih kuat daripada Drone Toys
+ Bisa dipasang gimbal
- Harga agak mahal

Drone Sedang -Recommended-

Sangat cocok bagi pemula yang punya budget lebih. Harganya 6.5jt keatas
Contoh : XIRO XPLORER V , DJI Phantom 3 Standard , UPair One.
+ Dukungan aplikasi android/ios, semuanya serba mudah
+ Gimbal dan kamera sudah termasuk dalam paket penjualan. kamera bagus
+ FPV Built in
+ Baterai lebih kuat dari tingkatan sebelumnya
+ Gengsi. Memang terlihat berkelas.
+ Pada DJI, ada Vision Sensor. yaitu fitur untuk melihat dibawah / didepan tanpa GPS ( DJI Phantom 4 ) dan gak bakalan nabrak.
- Part lebih mahal.

Drone Agak Mahal

Sebenarnya drone pada tingkatan ini tidak terlalu berbeda dengan grade Mid, namun Drone ini punya kamera dan gimbal yang termasuk dalam paket penjualan, juga FPV untuk bisa live dengan layar diremote control. Drone pada tingkat ini seperti XIRO & DJI Phantom, juga sudah ada dukungan aplikasi untuk easy take off, Go Home (baterai low atau sinyal hilang, langsung pulang) dan lain-lain. Yang menurut saya drone yang sangat keren dan saat mudah dalam penggunanya untuk memainkan Drone (serba otomatis). namun menurut saya dari drone kelas atas ini keatas, sudah tidak relevan dengan topik kita karena semuanya udah punya kamera xiaomi yi dan gimbal tersendiri, namun untuk nambah ilmu saja.
Diatas DJI Phantom 3 Standard dan untuk ukuran harga sedang misalkan cheerson cx-20 memang ada GPS nya namun tidak ada dukungan aplikasi di Android. Drone ini tidak jauh berbeda juga dengan drone sedang -recommended-, namun ada dukungan tambahan seperti kamera lebih baik, dan sistem transmisi lebih baik.
Contoh : DJI Phantom 3 Advanced, 3 Pro, 4 , Mavic Pro
+ Pada DJI, transmisi sudah menggunakan Lightbridge, dengan jarak kontrol kilometer an.
+ Kameranya kebanyakan 4k diatas Xiaomi Yi (tidak perlu custom kamera)
- Part Mahal (Pasti)

Drone Mahal

Mungkin cukup sekian suapaya tidak semakin jauh adri topik drone untuk kamera xiaomi yi, tingkatan-tingkatan diatasnya seperti DJI Inspire yang kameranya MFT, atau Spreading Wings yang bisa angkat kamera DSLR grade besar mungkin tak perlu dijelaskan lagi.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon