Tuesday, October 18, 2016

Lensa Waterproof Tidak Rapat Lagi Karena Lem Melemah

Waterproof adalah aksesoris penting untuk action camera xiaomi yi jika kita gunakan untuk basah-basahan atau menyelam. waterperoof melindungi kamera dari air secara langsung karena kamera xiaomi yi tidak tahan air secara langsung bahkan sensitif jika terkena air. Oleh karena itu kita harus melindungi kamera kesayangan kita agar tidak cepatr rusak. Kita harus memastikan waterproof benar-benar rapat dan tidak bocor dalam air. Masalah yang dialami beberapa pengguna adalah lensa yang sudah tidak rapat lagi seiring lama digunakanya kamera. Hal ini biasa terjadi pada waterproof model kingma dengan lensa berbentuk kotak, biasanya masalah lensa ini terjadi karena lem yang sudah melemah atau baut dibagian belakang yang terlalu kencang. hal ini akan mengakibatkan lensa mengangkat sehingga terlihat rongga udara berwarna putih disekitar lensa.

lensa waterproof bocor tidak rapat lagi


Hal tersebut bisa mengakibatkan adanya rembesan air masuk kedalam waterproof melalui sela-sela lensa ini. jangan sampai kebocoran ini bertambah besar sehingga lensa kamera terlepas apalagi saat didalam air

Cara Memperbaiki Lensa Waterproof Kingma Yang Longgar (Memutih)

Memperbaiki Lensa Waterproof


  1. Buka baut pengunci bingkai lensa dari dalam.
  2. Siapkan tisue dan tang. guna tisu untuk melindungi lensa dari goresan tang.
  3. Lepas karet kedap antara bingkai lensa dan waterperoof.
  4. Press bagian lensa yang memutih dengan tang dan tisue sebagai pelindung goresan tang dengan lensa.
  5. Pasang kembali lensa, yang perlu diperhatikan saat mengencangkan baut bingkai/mounting kaca lensa dengan waterproof nyajangan terlalu kencang karena dapat menyebabkan lensa longgar lagi.
  6. Usahakan juga tidak menjatuhkan lensa ke lantai agar tidak tambah longgar
  7. Kesalahan press bukan tanggung jawab yisemarang :) (pakai perasaan)
Lensa Waterproof Rapat Lagi

Hasilnya seperti diatas. Asalkan cara pressnya benar bisa rapat kembali tapi kalau pressnya miring bisa tambah longgar disisi sebaliknya. Cara diatas bisa untuk experimen, tapi kalau tidak yakin dan mau yang lebih aman beli waterproof baru.

UPDATE :


Adakalanya cara diatas tidak bekerja pada beberapa kasus dan malah memperparah kelonggaran, karena saat kita tekan pada sisi tertentu maka sisi lainya malah kadang melonggar makin parah. solusinya, Alat dan bahan :

  • Beli lem kaca/aquarium ditoko bangunan harganya 7rb an
  • Isolasi bening buat bersihin kaca
  • Tisue
  • Tang (penjepit)
  • Katenbat



Cara kerja :
  • Lepas kaca dari frame, caranya rendam ke air hangat tambahkan air panas sedikit-sedikit agar kaca tidak pecah karena perbedaan suhu, setelah terasa agak panas angkat dan dorong kaca menggunakan tisue dari dalam sehingga tertekan keluar sedikit demi sedikit hingga terlepas, apabila belum terlepas rendam lagi ke air panas dan dorong lagi.
  • Bersihkan sisi kaca dengan isolasi untuk membersihkan debu yang menempel, pastikan benar-benar bersih tanpa debu sedikitpun agar nanti dapat menempel dengan sempurna.
  • Oleskan lem ke sisi kaca dan frame yang menempel menggunakan katenbat, cukup sisi bagian yang merekat dengan frame saja
  • Pasangkan kaca dengan frame
  • Press sisi kaca dengan frame menggunakan tang dan gunakan tisue untuk melapisi gesekan tang dan kaca secara langsung seperti cara press sebelumnya.
  • Sampai sini pasti kaca sudah rapat lagi
Cara diatas sudah saya buktikan dan terbukti berfungsi pada kaca yang bocor sehingga jadi rapat lagi. Sudah saya coba rendam waterproof semalaman dan hasilnya sangat memuaskan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon