Sunday, October 16, 2016

Cara Setting Yi Camera Agar Waterproof Tidak Mudah Fog Saat Didalam Air

Cara setting Yi Camera agar Waterproof tidak mudah ber embun saat dalam air. Embun atau Fog adalah masalah utama dalam waterproof yang menjadikan gambar baik foto maupun video jadi tidak jelas blur dan keputih-putihan. Embun didalam waterproof ini muncul karena adanya perbedaan suhu panas dari kamera dan suhu luar/air yang dingin hal ini menyebabkan embun disekitar sekitar lensa sehingga kualitas gambar tidak maksimal. Kenapa Foging atau embun terjadi tepat didepan lensa kamera ? kenapa tidak dibagian lain misal belakang atau pinggiran waterproof ? hal ini dikarenakan adanya ruang kosong didepan lensa kamera sehingga suhu panas akan lewat depan lensa dan embun akan terkumpul tepat didepan kamera. Jika anda ingin meminimalisir embun anda juga bisa mengurangi ruang kosong didepan lensa kamera namun tentu saja sangat sulit karena waterproof kebanyakan sudah didesain seperti demikian dan pastinya akan ada ruang kosong didepan lensa kamera.
Cara Setting Yi Camera Agar Waterproof Tidak Mudah Fog Saat Didalam Air

Tutorial Yi Camera Agar Tidak Mudah Fog

  1. jangan gunakan mode video resolusi tinggi kalau digunakan untuk under water (makin tinggi resolusi maka suhunya makin panas), gunakan resolusi berikut untuk video: 1080p 30fps, 720p 48fps 
  2. matikan koneksi wireless (karena wifi tidak akan bisa terhubung ketika didalam air dan tidak kita perlukan)
  3. setting yicam pada mode foto timelapse/timer.
  4. olesi lensa waterproof bagian dalam dengan sabun cair/pasta gigi/sejenisnya untuk mencegah foging, diamkan 30 detik dan langsung dilap kering.
  5. tambahkan anti fog namun jangan sampai mengganggu fungsi waterproof dengan menyelipkanya di sisi-sisinya kalau tidak cukup potong dulu dan jangan dipaksakan, pastikan waterproof dapat menutup rapat. 
  6. matikan notifikasi led 3 

Tidak hanya didalam air fog juga dapat terjadi diudara yang dingin misal action cam anda yang digunakan untuk motovlog/naik gunung atau memang didaerah kalian suhunya memang dingin maka pasti akan ada embun yang menutupi lensa dibagian dalam waterproof. jika dirasa tidak perlu waterproof seperti untuk foto pemandangan atau selfie untuk hasil jepretan maksimal anda tidak perlu menggunakan waterproof. Foging tidak hanya terjadi di waterproof namun juga dapat terjadi didalam lensa utama kamera karena perbedaan suhu. fog didalam lensa kamera dapat dilihat secara langsung pada bagian lensa akan ada titik embun putih, kalau embunya sedikit mungkin tidak akan berpengaruh banyak pada hasil gambar solusi untuk menghilangkan fog ini dengan mematikan kamera dan membiarkanya dalam suhu kamar saja.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon