Wednesday, September 16, 2020

Perbedaan iPhone Garansi Resmi, International atau Distributor Lebih Baik Mana ?

Tags

Perbedaan iPhone Garansi Resmi, Ibox, International atau Distributor. iPhone merupakan sebuah brand yang bisa dibilang high class yang memiliki banyak peminat. Sebenarnya iPhone hanya diproduksi oleh pabrik Apple di berbagai negara, dan garansi yang sesungguhnya bisa dicek melalui https://checkcoverage.apple.com/ dan garansi tersebut akan langsung berjalan ketika iPhone di aktifkan untuk pertama kali. Lalu bagaimana dengan garansi resmi, inter atau distri ?


Garansi Resmi, Ibox, International atau Distributor merupakan penyebutan user iPhone di Indonesia untuk strategi penjual di Indonesia. Garansi Resmi atau International ketika berbicara tentang iPhone baru yang box masih segel keduanya sama-sama bagus dan ketika di cek  melalui https://checkcoverage.apple.com/ apabila iPhone anda baru beli maka garansi akan terbaca masih aktif. Sedangkan Garansi Distri/Distributor bisa dipastikan garansi sudah expired apabila dicek melalui website resmi Apple.


Perlu dicatat bahwa Apple Inc adalah perusahaan asal California Amerika Serikat yang belum memiliki perusahaan di Indonesia, meskipun di Negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia sudah ada, TIDAK ADA APPLE STORE di Indonesia. Namun Apple memiliki banyak Authorized Reseller di Indonesia. Penjualan iPhone melalui Apple Store diberbagai negara ini berkaitan dengan regulasi negara masing-masing. Baca Kode Negara iPhone Region


Kali ini saya akan mencoba untuk membahas ketiga garansi iPhone yang membingungkan ini terutama bagi pengguna iPhone baru.


Apa Perbedaan iPhone Garansi Resmi, International atau Distributor



1.Garansi Resmi


Di Indonesia memang tidak ada Apple Store, namun sudah banyak Apple Authorized Reseller di Indonesia. 

Garansi Resmi merupakan sebutan iPhone yang dibeli melalui Apple Authorized Reseller. Sehingga klaim garansi ke Apple bisa dilakukan melalui toko tersebut. Selain itu produk yang dibeli melalui Authorized Reseller ini memang produk baru yang belum aktif bisa dicek https://checkcoverage.apple.com/. Harga iPhone Garansi Resmi memang cenderung lebih mahal karena produk yang dijual adalah produk legal yang masuk ke Indonesia melalui pajak dan bea cukai.

Contoh Authorized Reseller :

  • iBox
  • Digimap
  • Erafone
  • Story-i
  • ME Gallery
Pasti anda juga sudah tidak asing dengan sebutan Garansi iBox. Garansi  iBox itu sama saja dengan Garansi Resmi, namun karena iBox yang memang sudah terkenal saja kebanyakan orang  menyebutnya dengan Garansi iBox 

Ciri iPhone Garansi Resmi

Kartu Garansi Diluar Dus
Dilihat dari dus yang masih terbungkus plastik lentur dibagian luar iPhone dengan Garansi Resmi ini memiliki kartu garansi yang berada diluar Box. Hal ini dikarenakan iPhone tersebut tidak diproduksi di Indonesia karena memang tidak ada Apple Store di Indonesia namun Authorized Reseller sudah bekerja sama secara resmi dengan pihak Apple sehingga Garansi bisa di bantu Claim ke Apple langsung meskipun proses Claim garansi cenderung lama namun iPhone kita ditangani oleh pihak Apple yang pastinya menjaga kualitas dan keaslian sparepart. Lamanya claim garansi beragam bisa berminggu-mnggu hingga beberapa bulan.

Aksesoris Original
Sudah dipastikan Aksesoris seperti earpod, lightning cable dan adapter memiliki kualitas yang bagus dan tidak ada duanya dibandingkan aksesoris OEM atau aftermarket diluar Apple.

Tebungkus Plastik Lentur
Packing iPhone Garansi Resmi sama dengan Pcking iPhone Garansi Inter karena memang keduanya sebanarnya sama.

Harga Cenderung Mahal
Hal ini desuaikan dengan kurs dollar dan biaya pajak ketika iPhone sudah masuk ke Indonesia. 



2. Garansi International


Di Indonesia memang tidak terdapat Apple Store. Sebutan Garansi Internasional muncul karena iPhone tersebut dibeli dari Apple Store langsung diluar negeri. Jadi kualitas antara iPhone International dan Resmi keduanya sama. Perlindungan Apple juga akan aktif melalui https://checkcoverage.apple.com/


Ciri iPhone Garansi Resmi

Box Bersih
Pada box garansi international yang dibeli dari Apple Store memiliki box yang bersih yang tanpa kartu garansi yang menempel diluar seperti halnya garansi resmi. Claim garansi bisa dilakukan ditempat dimana iPhone tersebut dibeli yang dapat diidentifikasi dengan Kode Region iPhone.

Aksesoris Original
Jangan diragukan lagi apabila anda membeli iPhone di Apple Store langsung. Aksesoris Apple mamang terkenal awet dan berkualitas.

Harga sama dengan iklan di website https://www.apple.com/




2. Garansi Distributor


iPhone Garansi Distributor adalah iPhone second yang dibungkus seperti baru lagi. Distributor yang disebutkan disini adalah reseller yang tidak memiliki kontrak dengan Apple Inc. Bisa dibilang iPhone ini Non Resmi. Apabila anda membeli iPhone dengan garansi Distributor maka bisa dipastikan garansi di https://checkcoverage.apple.com/ sudah berjalan atau bahkan expired.

Garansi Distributor memang memberikan garansi satu tahun, jadi jangan khawatir kalau iPhone anda bermasalah, namun tidak semua distributor memberikan pelayanan yang baik.

Ciri iPhone Garansi Distributor

Memiliki Label Diluar Dus
Label ini berupa sticker berlogo 1 tahun garansi contohnya seperti : BCell, Platinum, The One dll. Apabila anda melakukan claim garansi maka pihak tersebut yang akan melakukan perbaikan.

Aksesoris Non Original
Aksesoris iPhone Original terkenal mahal dan yang berkualitas hanya didapatkan pada iPhone baru, sedangkan pada iPhone Distributor seperti yang sudah saya katakan sebelumnya bahwa Distributor adalah iPhone bekas yang dibungkus seperti baru lagi, sehingga aksesoris pasti sudah diambil pemilik sebelumnya atau penjual untuk dijual sendiri dengan harga yang lebih mahal.

Terbungkus plastik yang tebal
Plastik pembungkus terasa tebal seperti bungkus snack.

Sparepart kebanyakan Non Ori
Sparepart OEM iPhone berbagai seri dan kualitas banyak ditemukan dipasaran dengan harga yang murah. misalkan Kamera, layar LCD, Casing, Speaker Dll Bisa jadi sudah diganti bukan original Apple lagi. Bisa di cek melalui 3utools

Harga Murah
Apabila anda tipe yang suka barang mulus dengan kualitas cukup maka bisa memilih iPhone distributor.




Pengertian dan ciri Garansi iPhone yang saya sebutkan diatas adalah iPhone baru yang masih terbungkus plastik. Sedangkan untuk iPhone bekas biasa disebut Ex-Resmi, Ex-Inter atau Ex-Distri akan saya bahas pada postingan berikutnya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon