Tuesday, January 21, 2020

Cara Mengecek Garansi iPhone

Tags
Cara Mengecek Garansi iPhone. iPhone adalah smartphone yang diproduksi dan dipasarkan oleh Apple Inc. Generasi pertama iphone diluncurkan 29 Juni 2007, hingga sekarang iPhone tetap exsis menjadi salah satu smartphone paling mewah diantara para pesaingnya. Hingga saat ini pengguna iPhone lama masih banyak. Ditambah lagi penjualan iPhone bekas di Indonesia juga sangat banyak ditemui, hal ini dikarenakan iPhone tidak memiliki pabrik di Indonesia. Oleh karena itu walaupun garansi iPhone aslinya sudah expired namun di Indonesia tetap dikenal Beberapa macam Garansi iPhone.

  1. Garansi International
  2. Garansi Resmi
  3. Garansi Distributor

Cara Mengecek Garansi iPhone

Garansi adalah suatu jaminan yang diberikan pihak produsen kepada konsumen bahwa produk yang mereka tawarkan bebas dari kerusakan dalam waktu tertentu. Sehingga ketika kita berbicara garansi artinya dalam konteks ini Garansi iPhone yang diberikan oleh Apple Inc. 

Cara cek garansi iPhone anda bisa mengunjungi https://checkcoverage.apple.com/id/in/
Masukkan nomor imei iPhone anda pada kolom yang tersedia.

Lalu bagaimana yang dimaksud garansi inter, resmi atau distri ? Ketiga istilah itu hanya ada di Indonesia yang dibuat sendiri oleh para user iPhone seiring berjalanya waktu, ketiga nama garansi ini sangat populer. Biasanya pada iPhone second didepannya ditambah Ex. Seperti Ex-inter atau Ex-resmi.

1. Garansi Inter

Cara Mengecek Garansi iPhone

Garansi inter berarti iPhone tersebut dibeli diluar negeri. Seperti yang kita ketahui bahwa iPhone tidak memiliki pabrik resmi di Indonesia karena tidak memenuhi persyaratan. Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Ini berlaku untuk iPhone 8 kebawah. Untuk iPhone 8 keatas sudah ada yang dijual di Indonesia. Sehingga iPhone 8 kebawah yang berada di Indonesia pasti berasal dari luar negeri. 

iPhone yang dibeli diluar negeri ini disebut memiliki garansi inter. iPhone yang berasal dari luar negeri juga bisa dibedakan melalui kode negara iphone yang terletak pada "Model Number". Untuk Claim garansi harus dilakukan di negara mana iPhone tersebut dibeli.

2. Garansi Resmi

Cara cek Garansi iPhone

Garansi resmi adalah iPhone yang dibeli melalui Authorized Reseller di Indonesia seperti iBOX. Memang di Indonesia tidak ada Apple store resmi, namun terdapat penjual resmi. Claim garansi bisa dilakukan melalui Authorized Reseller tersebut. Namun tidak secepat itu Ferguso. Prosesnya bisa dibilang cukup lama bisa 1 bulan - 6 bulan, hal ini dikarenakan reseller akan membantu claim garansi dengan mengirimkan produk iPhone anda ke negara asal iPhone tersebut. Proses ini yang menjadikan lama. Namun kita diuntungkan tidak perlu repot-repot pergi keluar negeri untuk claim garansi.

Contoh garansi resmi adalah SES dan TAM

3. Garansi Distri

Cara Mengecek Garansi iPhone

Garansi distributor adalah garansi yang diberikan oleh seller non resmi di Indonesia. Biasanya iPhone yang memiliki garansi distributor harganya selisih 1 juta sampai 2 juta dari harga garansi resminya. iPhone bergaransi distributor biasanya berasal dari iPhone bekas yang direkondisi kemudian dikemas seperti baru lagi. Biasanya iPhone dengan garansi distributor ini memiliki aksesoris yang sudah tidak original. Selain itu terkadang sparepartnya juga sudah tidak ori seperti LCD, kamera, housing dll.

Namun bagaimanapun juga garansi distributor juga tidak bisa menjadi patokan iPhone tersebut bagus atau jelek. Kalau lagi hoki bisa dapat iPhone distri kualitas bagus juga.

Contoh garansi distributor adalah B-Cell, The One dan Platinum

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon