Friday, November 12, 2021

Perbedaan DJI Mavic Mini vs Mavic Mini SE vs Mavic Mini 2 : Berpikir Sebelum Beli !

Tags

Perbedaan DJI Mavic Mini vs Mavic Mini SE vs Mavic Mini 2. Sekarang ini dengan harga 5 Jutaan kita sudah dapat memiliki drone keluaran DJI dan membuat video profesional yang beresolusi tinggi dan stabil. DJI Mavic seri Mini adalah salah satu pulihan drone terbaik dengan harga menengah, dibandingkan seri Tello ataupun DJI Spark, Mavic Mini berada diatasnya.

Pilihan drone terbaik
yang cocok, terutama bagi pemula yang menginginkan kualitas terbaik, dengan harga terbaik salah satunya adalah DJI Mavic Mini. Akan tetapi Mavic Mini memiliki 3 generasi yaitu Mini, Mini SE dan Mini 2. Ada beberapa perbedaan fitur penting diantara ketiganya. Oleh karena itu ada baiknya anda mengetahui sepsifikasi / Perbedaan DJI Mavic Mini vs Mavic Mini SE vs Mavic Mini 2 sebelum memberi diantara ketiganya.

DJI Mavic Mini

Mavic Mini adalah generasi pertamanya seri mini ini. Baik DJI Mavic Mini maupun Mini SE menggunakan kamera yang sama, yaitu Sensor 2,7K -30FPS 12 MP yang disematkan pada kamera 3-sumbu yang distabilkan. Hal ini memungkinkan pilot untuk merekan video yang halus meskipun saat tertiup angin. Berbicara tentang angin, Mavic Mini hanya memiliki peringkat ketahanan angin angin Level 3 sedangkan DJI Mini 2 memiliki peringkat Angin Level 5, yang secara signifikan memecahkan masalah tertiup angin saat menggunakan Mavic Mini.

Perbedaan DJI Mavic Mini vs Mavic Mini SE vs Mavic Mini 2 : Berpikir Sebelum Beli !

Sebagai Mavic Mini generasi pertama, tentu saja drone ini tidak memiliki beberapa fitur yang dimiliki Mavic Mini SE dan Mini 2. Namun bagi anda yang hanya menginginkan mengambil foto maupun video dengan jarak yang tidak terlalu jauh atau hanya sekedar selfie maka drone ini cocok untuk anda.

DJI Mavic Mini SE

Drone ini hadir diantara Mavic Mini dan Mini 2, seperti yang sudah disebutkan pada point sebelumnya bahwa sensor dan resolusi kamera Mini dengan Mini SE adalah sama. Dalam hal hambatan angin Mini SE memiliki kemampuan menahan angin Level 5 hingga 37.8 km/jam seperti Mini 2.




Fitur yang masih sama dengan Mavic Mini adalah pengontrol dan jangkauan transmisi di mana drone ini dapat terbang hingga 4 km melalui WiFi yang ditingkatkan. Sistem ini tidak dapat diandalkan seperti OcuSync, tetapi akan memberikan banyak jangkauan untuk penerbangan jarak dekat.

DJI Mini SE juga menggunakan baterai yang sama dengan DJI Mini 2, berbeda dengan baterai DJI Mavic Mini. Baterai yang lebih baru ini lebih ringan dan serupa. Ini berarti anda dapat menggunakan Baterai Mini SE ke DJI Mini 2 di masa mendatang ketika anda berniat untuk upgrade ke Mini 2.

DJI Mavic Mini 2

Mavic Mini 2 adalah seri terbaru dari Mini. Kamera dan sensor lebih tinggi dibandingkan pendahulunya yaitu perekam video 4K - 30FPS 12 MP. Dalam hal hambatan angin / wind resistance Mini SE dan Mini 2 sudah setara dengan Mavic Air 2 yaitu wind resistance Level 5, yang cukup kuat menahan angin seperti saat digunakan di pantai.

Dari segi kontrol dan transmisi Mini 2 juga sudah menggunakan OcuSync 2.0 yang mendukung frekuwensi 2.4GHz dan 5.8GHz memungkinkan pilot untuk terbang lebih jauh. OcuSync 2.0 merupakan perbedaan fitur yang signifikan yang perlu anda pertimbangkan ketika membeli drone.




Remote Kontrol Mini 2 juga berbeda dengan Mini 1 atau Mini SE, bentuknya lebih besar dan lebih nyaman digenggam, seperti remote Mavic Air 2.

Kesimpulan Perbedaan DJI Mavic Mini vs Mavic Mini SE vs Mavic Mini 2


Fitur DJI Mavic Mini DJI Mavic Mini SE DJI Mavic Mini 2
Berat 249 Gram 249 Gram 239 Gram
Sensor Kamera 1/2.3 inch 1/2.3 inch 1/2.3 inch
Resolusi Video Max 2.7K 30FPS 2.7K 30FPS 4K 30FPS
Resolusi Foto 12 MP 12 MP 12 MP
Wind Resistance Level 3 Level 5 Level 5
Transmisi Video Enchanced Wi-Fi Enchanced Wi-Fi OcuSync 2.0
Jarak Terbang CE : 500 m FCC : 4 km CE : 500 m FCC : 4 km CE : 2 km FCC : 10 km
Format Foto JPEG JPEG JPEG+RAW
Harga Basic Rp 5.499.000 Rp 5.499.000 Rp 7.099.000

Sampai artikel ini dibuat DJI Mavic Mini generasi pertama sudah tidak dijual di DJI Store karena sudah digantikan oleh Mavic Mini SE. Oleh karena itu apabila anda memutuskan untuk membeli DJI Mavic Mini saya sarankan untuk membeli DJI Mavic Mini SE karena sudah memiliki wind resistance setara dengan Mini 2 sehingga lebih aman. Namun apabila anda memiliki budget lebih sebaiknya mengambil Mavic Mini 2 karena teknologi OcuSync 2.0 benar-benar berguna untuk shot jarak jauh.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon