Wednesday, January 22, 2020

Tips Membeli iPhone Bekas dengan COD

Tags
Tips Membeli iPhone Bekas dengan COD. iPhone bekas sampai sekarang ini masih banyak dicari. Bahkan 85% pengguna iPhone di Indonesia adalah pengguna iPhone bekas. Bekas atau second bukan berarti iPhone sudah jelek atau rusak. iPhone bekas juga ada yang memiliki kondisi like new atau seperti baru. Kualitas iPhone bekas tidak hanya dilihat dari bagian casing luarnya saja namun juga bagaimana kita tahu kondisi dalam iPhone tersebut. Bagaimana mengetahui bagian dalam iphone tanpa membongkarnya ? Bagaimana cara cek kondisi iPhone bekas ? Bagaimana tips membeli iPhone Bekas ? Bagaimana cara mengetahui LCD original ? Bagaimana cara cek kamera sudah diganti atau belum ? bagaimana cara mengetahui kesehatan baterai ?

Pembelian melalui COD (Cash On Delivery) atau bertemu langsung antara penjual dan pembeli pada tempat yang sudah disepakati adalah cara pembelian paling Aman. Nah bagi anda yang ingin melakukan COD iPhone saya sarankan menggunakan tips dibawah ini. iPhone bekas memiliki kondisi yang berbeda, dan kita tidak tahu bagaimana sejarahnya dengan pemilik sebelumnya. Walaupun pemilik atau penjual mengatakan iPhone masih segel lah, ex-inter lah, ex-resmi lah, masih ori lah. Sebaiknya sebagai pembeli yang cerdas anda memastikanya sendiri. Bukanya suuzon kalau penjual berniat menipu namun bisa juga penjual memang tidak tau kondisi sebenarnya iPhone yang ia jual. Berikut ini cara cek iPhone yang bagus.

Baca juga : Cara mengecek garansi iPhone

Tips Membeli iPhone Bekas

Tips ini adalah tips yang saya buat sendiri. Jadi mungkin ada perbedaan dengan tips-tips membeli iPhone orang lain. Bisa anda pertimbangkan sendiri setelah membaca artikel ini.

1. Cek Kondisi Fisik

Pertama yang perlu anda periksa adalah kondisi fisik. Apakah terdapat lecet pada body. Apakah terdapat dent atau black/white spot pada lcd. Apakah LCD masih rapat. Apakah tombol-tombol fisik masih lancar. Apakah konektor cas dan headset masih berfungsi dengan baik.

Memang iPhone bekas tak akan lepas dari minus walaupun hanya lecet pemakaian dan sama sekali tidak berpengaruh terhadap performa. Namun hal ini bisa anda gunakan sebagai bahan nego. Dan kondisi fisik ini dapat ditentukan sesuai dengan kebutuhan anda masing-masing.

2. Bawa Laptop saat COD


Laptop kita gunakan untuk mengecek kondisi sparepart didalam iPhone. Semua sparepart didalam iPhone seperti kamera, lcd, baterai, warna casing, mainboard, dan lain-lain apakah sudah pernah diganti ataukah belum. Masing-masing bagian sparepart tersebut semua memiliki nomor seri yang saling berkaitan dengan mainboardSilahkan instal 3utools

Bermodalkan aplikasi tersebut anda tinggal menggunakan kabel data iPhone untuk menghubungkan ke Laptop. 3utools akan secara otomatis mendeteksi iPhone anda di laptop. Tampilanya seperti dibawah ini :


Setelah iPhone terdeteksi seperti tampilan diatas. Sekarang klik pada View Verification Report, kemudian anda akan melihat tampilan seperti dibawah ini :

Kondisi Paling Bagus

Apabila anda mendapatkan Hasil Tes seperti diatas (menunjukkan Normal dan berwarna Hijau semua) maka iPhone yang sedang anda colok dengan laptop tersebut adalah unit paling bagus. Langsung diambil saja.

Namun apabila ada yang berwarna merah seperti dibawah ini maka artinya sparepart yang bersangkutan tersebut pernah diganti.


Walaupun sudah ada part yang diganti anda harus periska dulu terutama kondisi part yang sudah diganti tersebut. Pada kondisi diatas menunjukan Baterai dan Kamera Depan sudah pernah diganti. Untuk baterai usia 6s itu sudah wajar diganti karena efek pemakaian lama kelamaan baterai akan menjadi boros terlebih untuk ukuran iPhone 6s yang usianya hampir 7 tahun, baterai diganti sudah wajar. Kemudian Kamera depan pernah diganti, pertama anda cek kualitas kamera depan apabila hasil foto bagus dan jernih maka unit tersebut masih layak untuk dibeli. Ini juga bisa anda gunakan sebagai alasan Nego untuk mendapatkan harga lebih murah.

3. Cek Seluruh Fungsi iPhone

Walaupun semua part di 3utools menunjukkan warna Hijau atau masih original semua. Anda harus memastikanya lagi dengan mengecek fungsinya. Ada beberapa yang dapat anda cek diantaranya.

  • Cek kamera depan & belakang apakah berfungsi dengan baik semua ?
  • Cek kejernihan LCD pastikan tidak ada whitespot atau blackspot
  • Cek Mic dengan aplikasi recording bawaan. 
  • Cek speaker telfon dengan aplikasi recoding, putar salah satu rekaman lalu dekatkan dengan telinga seperti saat telfon. Ini juga dapat digunakan untuk cek sensor proximity.
  • Cek loudspeaker, bisa menggunakan Setting -> Sounds -> Ringtone. Ini juga sekaligus bisa untuk cek fungsi tanda getar
  • Cek sinyal. Gunakan kartu sim untuk mengetahui apakah sinyal operator bisa terbaca dengan baik. Karena ada beberapa kasus iPhone tidak bisa mendeteksi sim operator dalam negeri.
  • Cek iCloud. Pastikan iCloud kosong dibagian Setting.

4. Reset iPhone

Bukan restart namun reset untuk menghapus semua file dan setting sehingga seperti iPhone baru lagi. Walaupun penjual mengatakan iPhone sudah direset alangkah baiknya anda minta untuk reset sekali lagi sebagai tahap terakhir karena kita tidak tahu apakah software iOS bisa berjalan dengan baik atau tidak. Maka anda harus memastikan untuk mereset iPhone tersebut. Caranya masuk menu Setting -> General -> Reset -> Reset All Setting.

5. Minta Garansi Personal

Minta garansi personal ini adalah opsional. Anda bisa meminta garansi setidaknya satu hari untuk mengecek dan mengutak atik iPhone setelah sesampainya dirumah. Syukur bisa garansi seminggu. Namun menurut saya 1 hari atau 3 hari sudah cukup untuk mengecek kondisi iPhone tersebut.

Penutup

Cara diatas bisa anda gunakan pada semua seri iPhone. Dan sudah terbukti Tips Membeli iPhone Bekas ini adalah cara paling ampuh dalam membeli iPhone bekas untuk mendapatkan unit iDevice terbaik. Misal anda tidak mau ribet silahkan coba Tips Beli iPhone Bekas Bukalapak 

Sebagai pembeli sebaiknya kita juga tahu diri. Apabila pada tahap awal anda sudah merasa tidak cocok sebaiknya jangan diambil, hal ini agar anda tidak membuang-buang waktu penjual atau waktu anda sendiri. Namun apabila anda yakin dengan unit tersebut silahkan untuk mengecek dengan seksama dan dalam waktu sesingkat singkatnya :D


Artikel Terkait


EmoticonEmoticon